Berbagi Informasi yang bermanfaat untuk masuarakat luas

Post Top Ad

Kamis, 19 September 2019

Manfaat Terapi Uap untuk Mengatasi Gejala Flu pada Bayi

Doc Cee - Batuk dan pilek mudah sekali menyerang bayi padamu simpan caroba.Tentu saja gejala flu ini bias membuat bayi jadi tidak nyaman dan rewel sepanjang hari.Saat bayi Anda sudah menunjukkan gejala tak nyaman yang berlebih, apalagi jika sudah sampai kesulitan menyusu, maka Anda harus segera memberikan obat flu untuk bayi yang tepat.Salah satunya adalah dengan melakukan terapi uap.

Terapi Uap
Ilustrasi
Apa Itu Terapi Uap?
Terapi uap adalah salah satu metode untuk mengobati penyakit batuk pilek pada anak-anak atau bayi yang memang masih rentan jika harus meminum obat-obatan kimia.Terapi ini sangat mudah dilakukan hanya dari rumah dan biayanya pun relative murah. Anda sebagai orang tua pasti bias melakukannya, apalagi jika  Anda sudah berlatih terlebih dulu bagaimana cara terapi uap yang tepat.

Terapi uap ini adalah langkah sederhana dan murah namun memiliki berbagai manfaat.Terapi uap bisa membantu mengencerkan dahak, mengobati flu, mengatasi demam, mencegah sinusitis, dan tentunya melegakan jalur pernafasan bayi.

Pada terapi ini, bayi akan dihadapkan pada air panas yang mengeluarkan uap selama beberapa saat. Terapi ini dipercaya bias membantu meredakan gejala flu seperti hidung tersumbat dan batuk berdahak.Terapi ini juga bias menjadi langkah pertolongan pertama saat bayi terserang flu.Namun jika flu tak kunjung sembuh, orang tua sebaiknya tetap membawa anaknya kedokter.

LangkahTepat MemberikanTerapi Uap untuk Bayi. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan saat akan melakukan terapi uap pada bayi yaitu:

  1. Siapkan wadah seperti baskom yang sudah diisi dengan air panas. Kemudian tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih kedalam air panas tersebut.
  2. Carilah posisi yang aman untuk menempatkan baskom air panas.
  3. Kemudian tengkurapkan baye dengan posisi wajah ada di atas baskom (jangan terlalu dekat agar uapnya tidak kepanasan). Ingat, wajah bayi bukannya dicelupkan dalam air.
  4. Sambil anak menghirup uap, lakukan pemijatan ringan pada bagian punggung bayi. Jaga juga agar tangan bayi Anda tidak sampai menyentuh air panas. 


Jika bayi Anda sudah bias makan MPASI, sebaiknya Anda selalu memberikan ia makanan yang bergizi. Makanan ini akan membantu mempertahankan system kekebalan tubuhnya dari serangan virus penyebab flu. Makanan bergizi dan seimbang juga bias membantu membuat usus dan pencernaan anak sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar