Berbagi Informasi yang bermanfaat untuk masuarakat luas

Post Top Ad

Rabu, 22 Agustus 2018

Napak Tilas Kejayaan Kesultanan Cirebon

Doc Cee - Kesultanan Cirebon terbentuk sejak tahun 1430 dengan raja pertamanya, yaitu Pangeran Walangsungsang. Dari Pangeran Walangsungsang, tahta kerajaan kemudian diserahkan kepada keponakannya, yaitu Syarif Hidayatullah yang saat ini lebih dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati. 

Namun, tahun 1679, Kesultanan Cirebon harus mengalami perpecahan menjadi dua daerah kekuasaan yang sama-sama berdaulat, yaitu Kesultanan Kasepuhan Cirebon dan Kesultanan Kanoman Cirebon. Tahun 1808, giliran Kesultanan Kanoman yang terbagi menjadi dua dengan Kesultanan Kacirebonan sebagai daerah berdaulat baru hasil dari pemecahan Kesultanan Kanoman.

Kesultanan Cirebon
Sumber Foto: tribunnews.com
Untungnya, peninggalan kejayaan dari Kesultanan Cirebon masih bisa dilihat hingga saat ini. Salah satunya adalah Keraton Kasepuhan yang merupakan keraton paling terawat di Cirebon sekaligus menjadi keraton yang paling megah. Di tempat ini juga Kesultanan Cirebon dulu didirikan.

Saat ini Keraton Kasepuhan menjadi salah satu tempat wisata di Cirebon yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Apa saja hal-hal yang dapat dilihat di dalam keraton? Berikut ulasannya:  

Melihat Aneka Benda Peninggalan Keraton

Di dalam keraton sendiri terdapat Museum Benda Kuno yang memamerkan berbagai macam benda bersejarah milik Kesultanan Cirebon. Benda-benda kuno yang dipamerkan, seperti tempat abu rokok Sultan Sepuh IX, gelas-gelas peninggalan VOC, meriam dari bangsa Portugis, peti-peti dari Tiongkok, koleksi gamelan dan lain sebagainya.

Di seberang museum benda kuno, terdapat Museum Kereta yang berisi kereta-kereta kuno yang dipakai oleh raja dan keluarga kerajaan dari Kesultanan Cirebon pada masa lampau. Di tempat ini terdapat Kereta Singa Barong yang  memiliki motif berupa gabungan dari tiga binatang, yaitu burung garuda, naga, dan gajah. Gabungan dari tiga binatang ini sering pula disebut dengan nama Paksi Naga Liman.

Berfoto dengan Latar Belakang Bangunan Keraton

Arsitektur keraton yang masih terjaga keasliannya menjadi salah satu daya tarik utama para wisatawan untuk datang berkunjung. Di dalam keraton, masih banyak bangunan-bangunan klasik yang sangat khas yang bisa menjadi latar belakang untuk berswafoto.

Beberapa titik tempat yang bisa dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto, di antaranya adalah Taman Bunderan Dewandaru yang terletak di area utama keraton, di sana terdapat patung dua macan putih yang menjadi ikon keraton kasepuhan, gerbang masuk keraton, museum, dan lain-lainnya.

Belanja dan Menikmati Aneka Kuliner di Pasar Rakyat

Pasar rakyat biasanya dikenal juga dengan nama Muludan karena digelar pada bulan Mulud (Maulid/Rabiul Awal) dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw. Pasar rakyat digelar di alun-alun Keraton Kasepuhan Cirebon dan menjadi salah satu tujuan utama wisatawan, baik dari masyarakat Cirebon sendiri maupun orang-orang dari luar kota.

Pedagang di pasar rakyat biasanya menjual berbagai macam jenis barang, mulai dari pakaian, peralatan rumah tangga, mainan, suvenir Cirebon dan lain-lainnya. Di pasar rakyat juga tersedia aneka kuliner khas Cirebon, seperti empal gentong, nasi jamblang, docang, dan lain-lainnya.

Puas berjalan-jalan dan belajar sejarah tentang kota udang, kini saatnya untuk beristirahat dan bersantai. Tidak melulu harus di penginapan mahal, beristirahat di hotel murah di Cirebon juga tidak kalah jauh kulaitasnya. Airy Rooms masih menjadi tempat menginap pilihan yang terjangkau di Cirebon. 

Hotel-hotelnya sudah dikenal memiliki fasilitas lengkap, seperti air minum, AC, dan TV layar datar dengan pilihan saluran yang beragam di setiap kamar. Ada pula perlengkapan mandi dan pancuran air hangat di setiap kamar mandinya. Tempat tidur yang bersih dan rapi serta akses WiFi gratis menjadikan waktu istirahat di kamar terasa sempurna.

Pemesanan dan pembayaran hotel juga sangat mudah. Kita dapat memesan kamar langsung melalui situs resmi atau melalui aplikasi yang telah tersedia di Google Play Store dan Apple Apps Store. Pembayaran nantinya bisa dipilih melalui kartu kredit atau transfer antar bank.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar